Friday, 19 September 2014

Troubleshooting Pada Komputer

Troubleshooting Pada Komputer - Ketika komputer kita mengalami trouble atau masalah dan cara pembenahannya itu dinamakan Troubleshooting. Banyak masalah faktor yang menyebabkan kenapa terjadi troubleshooting pada komputer. Kegiatan kita akan terhambat ketika komputer kita mengalami masalah, tugas yang harus selesai terpaksa di tunda dikarenakan permasalahan tersebut. Kadang masalah pada komputer membuat kita pusing tujuh keliling, karena data penting kita tersimpan dalam komputer tersebut. Kalau kita sebagai orang awam tentang komputer pasti tidak akan mengetahui permasalahan yang terjadi dan cara menanganinya. Untuk itu berikut ini ciri ciri troubleshooting yang terjadi pada komputer kita

 Troubleshooting Pada Komputer

1. Bila terdengar bunyi beep terus-menerus itu berarti Ram atau Memorynya kendor atau mengalami masalah, tips gunakan penghapus karet terus gosokan pada kaki-kaki injakan Ramnya.

2. Bila terdengar bunyi beep 3x kemudian hilang itu pertanda Vga anda mengalami masalah, bisa jadi karena kendor, tips sama dengan Ram gunakan penghapus karet untuk menggosok kaki-kaki injakannya.

3. Bila komputer dari pertama di hidupkan hanya mampu menyala beberapa menit lalu mati, itu mungkin karena Procesor panas, atau kipas heatsink pada procesor kendor, coba anda periksa !!

4. Bila pada layar monitor muncul tulisan cek signal kabel, itu bisa jadi kabel Vga nya kendor atau Vga anda rusak total

5. Bila komputer anda sering restart-restart sendiri disaat anda sedang memainkannya ini biasa karena mainboard anda ada masalah, seperti biasa karena kepanasan suhu meningkat di dalamnya mungkin karena kotor dan berdebu pada CPU anda, jadi bisa saja chipsetnya atau regulator yang kena, akan tetapi setahu saya jika mainboard sudah terkena chipsetnya yang rusak maka solusi terakhir beli yang baru

6. Bila pada layar monitor anda tampilannya berburam atau tidak terang warnanya, bisa jadi Monitor dan Kabel power Vga anda bermasalah, solusi sama seperti pada no.5 tes monitor anda terlebih dahulu dengan mencoba pada pc lain, jika tidak ada masalah berarti kabel power Vga anda yang bermasalah, coba ganti dengan kabel yang lebih bagus.

7. Bila komputer tidak menyala total, biasanya Power supply anda sudah rusak atau bisa Procesor anda yang kena. Anda bisa mengeceknya apakah power supply anda masih bagus atau tidak dengan mengunakan Multitester, cek tegangan pada warna hijau dan hitam yang terletak pada kaki-kaki power supply. Jika power supply sudah diganti tapi tetap tidak menyala berarti procesor anda mengalami masalah, coba cek apakah ada kaki-kaki yang patah atau bengkok pada procesor anda.

8. Bila Cpu anda berbunyi kencang seperti mesin bergemuruh, dan ketika anda membuka Cpu tapi heatsink tidak kendor serta tidak ada kabel yang menyangkut pada kipas heatsink maka bisa dipastikan power supply anda yang bermasalah, ini biasanya terjadi karena power supply lemah karena tidak kuat menerima daya listrik.

9. Bila pada layar monitor anda tampilannya pecah-pecah atau bergaris-garis, itu bisa jadi monitor anda yang mengalami masalah atau Vga card anda, coba cek terlebih dahulu monitor anda dengan memindahkan pada pc yang lain, jika tidak ada masalah berarti tinggal Vga cardnya saja, dgn cara copot kabel power Vga kedua-duanya yang mengarah pada pc dan monitor terus pasang kembali, jika tetap muncul tampilan seperti itu berarti Vga anda mengalami masalah.

10. Bila komputer menyala akan tetapi tidak muncul tampilan pada monitor, ini banyak kemungkinan pertama daya power supply anda sudah lemah, kedua Vga anda bermasalah, ketiga mainboard anda kongslet atau ada beberapa komponen seperti regulator yang mengembang karena kepanasan.

Itulah troubleshooting pada komputer, semoga artikel diatas bisa membantu anda untuk menangani masalah komputer yang sedang anda hadapi, cobalah untuk perbaiki dahulu sebelum diserahkan ke reparasi komputer. Disamping untuk belajar, kita akan lebih tahu tentang kondisi komputer kita sehingga akan lebih hati hati dalam memakai komputer

Related Posts to "Troubleshooting Pada Komputer"

Response on "Troubleshooting Pada Komputer"