Friday, 29 August 2014

Masalah Pendidikan di Indonesia

Masalah Pendidikan di Indonesia – Pendidikan adalah tonggak setiap manusia untuk menentukan kemana langkah selanjutnya diambil, pendidikan juga mempengaruhi suatu  negara untuk maju dan bersaing dengan negara yang lain. Seharusnya kita bangga dengan kekayaan alam yang melimpah di negara kita dan tidak dipunyai oleh negara yang lain. Karena negara kita negara kepulauan yang memiliki keanekaragaman alam yang berbeda beda, namun dengan pendidikan yang belum memadai seperti negara lain kita tidak bisa mengembangkan atau mengolah sumber daya alam yang melimpah tersebut

Pendidikan menjadi faktor utama suatu negara bisa berkembang atau maju, bila pendidikan rendah itu membuat masyarakat menjadi bodoh dan miskin. Itulah yang terjadi di negara kita, dengan tingkat kesadaran pendidikan yang rendah membuat negara ini susah untuk maju, semua itu memang didasari dengan banyak faktor, misalnya biaya, sarana pendidikan, tenaga pengajar, lokasi dll

Sebagai contoh pendidikan kurang di Indonesia itu adalah banyaknya anak sekolah yang belum mendapatkan pendidikan yang layak. ­­­­­­­­Dan banyaknya anak yang buta huruf, ini yang menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah untuk memberikan rakyatnya pendidikan yang layak dan murah. Pendidikan yang terjadi di Indonesia termasuk mahal karena banyak masyarakat hanya bisa menyekolahkan anaknya paling tinggi setingkat SMA. Bahkan di daerah pedalaman setingkat SMP saja sudah bagus. Itu yang membuat negara kita menjadi kurang maju, disebabkan sumber daya manusianya belum memiliki pendidikan yang bisa bersaing dengan negara lain.

Untuk menciptakan pendidikan seperti di negara yang maju masih perlu waktu yang panjang dan perlu penanganan yang serius dari pemerintah. Bagaimana menciptakan pendidikan bagus kalau pemerintahnya sendiri tidak memberikan sarana dan pendukung yang memadai dan dijadikan tempat untuk korupsi.

Menurut survey sarana pendidikan sekarang ini dijadikan tempat untuk berkorupsi yang besar bagi para guru atau pengelolanya. Dan masyarakat banyak yang mengalami keresahan dan kekecewaan atas pendidikan anaknya. Sarana bantuan dari pemerintah tidak sampai kepada masyarakat dan entah kemana sosialisasinya. Dan sekarang ini banyak guru yang mengalami peningkatan ekonomi secara signifikan sebagai contoh gambaran secara kasar setiap guru SD sekarang rata rata memiliki kendaraan roda 4. Orang tua juga mengeluhkan adanya biaya biaya tambahan yang setiap minggunya di gunakan untuk pendidikan, seperti pengadaan buku, seragam, kegiatan dll. Dengan tingkat ekonomi masyarakat yang belum stabil itu sangat memberatkan para orangtua. Dan pada akhirnya anaknya tidak bisa melanjutkan pendidikan ketingkat yang lebih tinggi. Itu membuat SDM yang tercipta menjadi rendah.

Bila negara kita mempunyai SDM yang berkualitas, disiplin dan pendidikan yang bermutu pasti Indonesia tidak akan kalah dengan negara lain seperti jepang, korea, singapura dll. Memang diakui sarana pendidikan mulai di berikan dengan baik tetapi sekali lagi biaya yang menjadi kendalanya.

Sekarang sudah terjadi pengelompokan pendidikan, bila orang tua kaya maka pendidikan anaknya akan tinggi bahkan sampai sekolah diluarnegeri, tetapi untuk yang kurang mampu tidak ada bantuan pemerintah dalam menyikapi fenomena tersebut. Pemerintah masih bingung dalam mengatasi korupsi yang menjamur di negara ini

Kita kadang miris melihat banyak anak anak yang di daerah pedalaman hanya ingin bersekolah harus berjalan kaki sejauh 30 kilo meter, dan itu harus melalui sungai. Pendidikan didaerah pedalaman sangat kurang sekali, lagi lagi peran pemerintah yang segera membuat anak pedalaman tidak bedanya dengan anak kota yang bisa memiliki sarana pendidikan yang layak.

Karena banyak lahir potensi yang cemerlang terlahir dari anak pedalaman yang bisa mengharumkan bangsa, Itulah permasalah pendidikan yang terjadi di negara kita, sebagai anak bangsa kita harus bersemangat dan terus berjuang untuk mendapatkan ilmu semaksimal mungkin, karena dengan ilmu hidup kita akan terjamin. Pendidikan itu sangat penting sekali dalam kehidupan manusia, dengan pendidikan yang bagus kita bisa mengarahkan kemana langkah kita untuk maju. Bila masyarakat maju maka negara juga ikut maju, untuk itu walaupun sarana pendidikan masih berbeda dengan negara lain kita harus bangga dan terus berjuang supaya menjadi anak bangsa yang tangguh.

Related Posts to "Masalah Pendidikan di Indonesia"

Response on "Masalah Pendidikan di Indonesia"