Wednesday, 16 April 2014

Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen

Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen – Indonesia saat ini adalah sebuah negara yang tingkat daya belinya cukup tinggi. Setiap hari roda perokonomian Indonesia terus berputar hingga triliun rupiah setiap harinya di seluruh Indonesia. Oleh karena itu, Indonesia bisa disebut salah satu negara yang mempunyai daya tarik pembelian barang konsumsi paling tinggi.

Sehubungan dengan adanya hal tersebut, saat ini masih banyak beredar produk-produk yang abal-abal atau tidak memenuhi standart pemerintah. Hal ini dikarenakan kurangnya pengawasan dari pihak pemerintah, serta konsumen itu sendiri. Sehingga, masuk produk-produk yang kurang memenuhi syarat yang bisa membahayakan konsumen itu sendiri.

Oleh karena itu, pemerintah baru-baru ini meningkatkan penegakan hukum di bidang perlindungan konsumen metrologi legal di Tanah Air. RI Gita Wirjawan selaku Menterii Perdagangan pada Januari 2013 lalu, bersama dengan Kepala Bareskrim POLRI Irjen Pol Sutarman, dan disaksikan oleh Wakil Menteri Pertanian Rusman Heriawan menandatangani Nota Kesepahaman terkait hal tersebut.

Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen 281x300 Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen

Hal ini dilakukan guna untuk melindungi konsumen dari produk-produk lokal ataupun ekspor yang tidak memenuhi syarat. Selain itu, kerjasama ini dilakukan untuk meningkatkan pengawasan produk non pangan, panganolahan dan pangan segar yang beredar di pasar. Selain itu, meningkatkan pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menengah.

Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen II Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen

Dengan adanya pengawasan lebih terhadap produk ini, lantas konsumen juga tidak berhati-hati. Oleh karena itu, Konsuman Cerdas Paham Perlindungan Konsumen juga harus dilakukan oleh konsumena. Nah, ini ada beberapa cara bagimana menjadi konsumen cerdas.

Cara Menjadi Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen

Menjadi Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen seharusnya selalu lekat dalam benak setiap masyarakat Indonesia. Karena, kita harus dituntut untuk menjadi konsumen yang cerdas, terlebih jika kita adalah orang yang konsumtif untuk membeli barang dan jasa yang beredar di pasar.

Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen III Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen

Sebenarnya untuk menjadi konsumen cerdas dalam memilih barang dan jasa yang akan kita gunakan atau beli sangatlah mudah. Menteri Perdagangan sebenarnya sudah memberikan sosialisasi untuk masyarakat mengenai hal menjadi konsumen cerdas ini. Nah, disini saya akan memberikan beberapa kiat yang bisa anda gunakan untuk menjadi konsumen cerdas.

  • Meneliti sebelum membeli diantaranya meneliti tanggal kadaluarsa, buku petunjuk manual dan garansi.
  • Memperhatikan apakah produk tersebut memiliki standart K3L.
  • Membeli sesuai kebutuhan, bukan keinginan.
  • Membeli produk dalam negeri.
  • Bijak dalam menjaga bumi dengan cara memilih barang yang ramah lingkungan.
  • Pola konsumsi yang sehat, sehingga kita akan lebih hemat.

Terlepas dari apa yang saya sampaikan diatas, konsumen juga memiliki hak dan kewajiban yang dilindungi Undang-undang dan mengetahui akses ke lembaga perlindungan konsumen tersebut untuk memperjuangkan hak konsumen. Sehingga, diharapkan dengan adanya ini, tingkat kesadaran masyarakat terhadap perlindungan diri sendiri dan juga lingkungan sekitar lebih tinggi.

Seperti yang kita ketahui, pemerintah sudah membuat regulasi atau paying hokum untuk melindungi konsumen. Selain itu, pemerintah juga secara rutin untuk melakukan pengawasan terhadap produk yang beredar dipasaran. Namun, tanpada dukungan dari masyarakat, tentunya ini tidak akan berjalan dengan mudah. Oleh karena itu, kita sebagai Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen dan masyarakat, kita juga harus turut serta mengawasi produk yang beredar. Selain itu, juga harus bertindak kritis terhadap pemerintah terhadap hal ini. Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen

Related Posts to "Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen"

Response on "Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen"