Friday, 22 August 2014

Gunung Tertinggi Di dunia

Gunung Tertinggi Di dunia – Mungkin ada bertanya apa itu gunung? gunung itu adalah dataran yang letaknya paling tinggi dari daerah di sekitarnya. Untuk saat ini Gunung Tertinggi Di dunia adalah Gunung Everest. Selain sebagai Gunung Tertinggi Di dunia, Gunung Everest juga merupakan bagian dari tujuh puncak utama di dunia.

Gunung memang tinggi dari daratan yang lain, namun di dunia ini mungkin kita belum mengetahui gunung tertinggi didunia. Untuk dibilang menjadi gunung harus memiliki ukuran 2000 kaki (610 m) dari permukaan laut. Di dunia ini banyak sekali gunung tetapi yang paling tinggi akan bisa anda lihat di bawah ini sesuai dengan urutannya.

1. Gunung Everest ( 8850 m), Cina(tibet)-Nepal

Gunung Everest 300x190 Gunung Tertinggi Di dunia

Gunung Everest adalah gunung yang puncaknya mencapai jarak paling jauh dari paras laut. Dua gunung lain yang kadangkala juga disebut sebagai “gunung tertinggi di dunia” adalah Mauna Loa di Hawaii, yang tertinggi jika diukur dari dasarnya pada dasar tengah laut, tetapi hanya mencapai ketinggian 4.170 m atas paras laut dan Gunung Chimborazo di Ekuador, yang puncaknya 2.150 m lebih tinggi dari pusat bumi dibandingkan Gunung Everest , karena Bumi mengembung di kawasan khatulistiwa. Bagaimanapun juga, Chimborazo hanya mencapai ketinggian 6.272 m di atas paras laut, sehingga bahkan bukan merupakan puncak tertinggi di Andes.

Gunung ini mempunyai ketinggian sekitar 8.850 m; walaupun terdapat variasi dari segi ukuran (baik pemerintah Nepal maupun Cina belum mengesahkan ukuran ini secara resmi, ketinggian Puncak Everest masih dianggap 8.848 m oleh mereka). Gunung Everest pertama kali diukur pada tahun 1856 mempunyai ketinggian 8.839 m, tetapi dinyatakan sebagai 8.840 m (29.002 kaki). Tambahan 0,6 m (2 kaki) menunjukkan bahwa pada masa itu ketinggian yang tepat sebesar 29.000 kaki akan dianggap sebagai perkiraan yang dibulatkan. Perkiraan umum yang digunakan pada saat ini adalah 8.850 m yang diperoleh melalui bacaan Sistem Posisi Global (GPS). Gunung Himalaya masih terus bertambah tinggi akibat pergerakan lempeng tektonik kawasan tersebut.

2. Gunung K2 (chogori) ( 8611 M ), Pakistan – Cina (Nepal)

 Gunung Tertinggi Di dunia

Gunung K2 adalah gunung tertinggi ke-2 di dunia. Terletak di bagian Karakoram dari Himalaya antara Pakistan dan Republik Rakyat Cina; merupakan pegunungan nasional di Pakistan. Tinggi peguungan ini mencapai 8,611 meter (28,251 kaki). Konon, pegunungan ini lebih sulit didaki daripada Gunung Everest karena cuacanya yang buruk. K2 juga lebih tinggi di daerah sekitarnya bila dibandingkan ke Everest. K2 dijuluki “Pegunungan Kejam” karena hal ini. Pada tahun 2004, hanya 246 orang yang berhasil mendaki sampai ke puncak. Setidaknya 56 orang meninggal ketika mencoba mendakinya.
Nama tak resmi untuk K2 ialah Gunung Godwin Austen, dinamai dari nama orang yang pertama kali memanjatnya. Selain itu pegunungan ini juga dinamai Qogir (diturukan dari Chogori), Lamba Pahar, Dapsang, Kechu, Ketu, dll.

3. Kangchenjunga ( 8586 m ) – Nepal ( india )

Kangchenjunga 300x200 Gunung Tertinggi Di dunia

Gunung tertinggi ke-3 di dunia setelah Gunung Everest dan Chogori) dengan ketinggian 8.586 meter (28.169 kaki). Gunung ini juga adalah gunung tertinggi ke-2 di Nepal. Kangchenjunga berarti “Lima Harta Karun Salju, karena ia terdiri dari 5 puncak, empat diantaranya mencapai lebih dari 8.450 meter. Harta karun itu melambangkan 5 benda milik dewa yaitu emas, perak, permata, biji-bijian dan kitab suci. Kangchenjunga disebut Sewalungma dalam bahasa Limbu dan disucikan dalam tradisi agama Kirant. Tiga dari 5 puncaknya (utama, tengah, dan selatan) membatasi wilayah Sikkim Utara dari distrik Sikkim, India dan Distrik Taplejung di Nepal, dan 2 yang lain berada di Distrik Taplejung. Selain itu wilayah ini juga dijadikan Kangchenjunga Conservation Area Project oleh World Wildlife
Kangchenjunga Lokasi : Nepal – India Tinggi : 8586 m
adalah gunung tertinggi ke-3 di dunia. Gunung ini juga adalah gunung tertinggi ke-2 di Nepal.Kangchenjunga mengandung arti “Lima Harta Karun Salju, karena terdiri dari 5 puncak, empat diantaranya mencapai lebih dari 8.450 meter. Harta karun itu melambangkan 5 benda milik dewa yaitu emas , perak , permata, biji-bijian dan kitab suci . Kangchenjunga disebut Sewalungma dalam bahasa Limbu dan disucikan dalam tradisi agama Kirant. Tiga dari 5 puncaknya (utama, tengah,dan selatan) membatasi wilayah Sikkim Utara dari distrik Sikkim, India dan Distrik Taplejung di Nepal, dan 2 yang lain berada di Distrik Taplejung. Selain itu wilayah ini juga dijadikan Kangchenjunga Conservation Area Project oleh World Wildlife Fund yang melindungi satwa Panda Merah , burung, dan tanaman khas Nepal. Bagian India juga memiliki wilayah yang dilindungi berada dalam Taman Nasional Khangchendzonga.

4. Gunung Lhotse ( 8.516 m ), Nepal – Cina(Tibet)

lhotse 300x249 Gunung Tertinggi Di dunia

Lhotse (Nepal: ल्होत्से) merupakan sebuah gunung di Nepal dan RRC. Gunung ini terletak di bagian utara di negara itu. Gunung ini memiliki ketinggian 8.516 m (27.940 kaki) dan merupakan gunung terbesar keempat di dunia dan merupakan salah satu puncak yang membentuk kelompok dari Gunung Everest.

5. Gunung Makalu ( 8,463 m ), Nepal – Cina(Tibet)

makalu 6 300x225 Gunung Tertinggi Di dunia

Makalu (di Nepal resmi मकालु, di Cina resmi Makaru, Cina: 马卡鲁 山, pinyin: Mǎkǎlǔ shan, Makalungma di Limbu) adalah gunung tertinggi kelima di dunia pada 8.481 meter (27.825 kaki) dan terletak 19 km (12 mil) tenggara dari Mount Everest, di perbatasan antara Nepal dan China. Salah satu-delapan thousanders, Makalu adalah puncak terisolasi yang bentuknya adalah piramida empat sisi.

Makalu memiliki dua puncak anak terkenal. Kangchungtse, atau Makalu II (7.678 m) terletak sekitar 3 km (2 mil) utara-barat laut dari puncak utama. Meningkat sekitar 5 km (3,1 mil) utara-timur laut dari puncak utama di sebuah dataran tinggi yang luas, dan terhubung ke Kangchungtse oleh pelana, sempit 7.200 m, adalah Chomo Lonzo (7.804 m).
Gunung Makalu Tinggi : Lokasi : Nepal – Cina(Tibet)
Makalu merupakan gunung tertinggi kelima di dunia. Gunung ini memiliki bentuk yang unik yaitu berupa piramida empat sisi dan terletak hanya 19 km tenggara Gunung Everest.

6. Gunung Cho Oyu ( 8.201 m ), Nepal – Cina(Tibet)

Cho Oyu 300x198 Gunung Tertinggi Di dunia

Cho Oyu adalah merupakan gunung keenam tertinggi didunia. Cho Oyu pertama kali dicoba pada tahun 1952 oleh sebuah ekspedisi yang diselenggarakan dan dibiayai oleh Komite Bersama Himalaya dari Inggris sebagai persiapan untuk upaya di Gunung Everest pada tahun berikutnya. Ekspedisi dipimpin oleh Eric Shipton dan termasuk Edmund Hillary & Tom Bourdillon. Sebuah perampokan oleh Hillary dan George Lowe dihentikan karena kesulitan teknis dan bahaya longsor pada tebing es di atas 6.650 m (21.820 ft) dan laporan dari pasukan China jarak pendek melintasi perbatasan dipengaruhi Shipton untuk mundur dari gunung daripada terus mencoba ke puncak. Gunung pertama kali naik pada tanggal 19 Oktober 1954, melalui punggungan utara-barat oleh Herbert Tichy, Joseph Jöchler dan Sherpa Pasang Dawa Lama dari sebuah ekspedisi Austria [2] Cho Oyu adalah puncak 8.000 meter kelima. Akan naik, setelah Annapurna pada bulan Juni 1950, Gunung Everest pada Mei 1953, Nanga Parbat pada bulan Juli 1953 dan K2 pada bulan Juli 1954..

7. Gunung Dhaulagiri ( 8.167 m ), Nepal

Dhaulagiri 300x200 Gunung Tertinggi Di dunia

Dhaulagiri adalah gunung tertinggi ketujuh di dunia pada 8167 meter (26.795 kaki) dan merupakan salah satu dari empat belas lebih dari delapan ribu meter. Dhaulagiri, yang di Nepal, pertama kali naik pada 13 Mei 1960 oleh sebuah ekspedisi Swiss / Austria. Nama gunung adalah धौलागिरी (Dhaulagiri) atau धवलागिरी (dhawalāgirī) dalam bahasa Hindi dan Nepal. Ini berasal dari bahasa Sansekerta mana धवल (dhawala) berarti mempesona, putih, indah [2] dan गिरि (giri) berarti gunung [3] Hal ini sering disebut Dhaulagiri I, yang menunjukkan puncak tertinggi di massif yang disebut Rentang Dhaulagiri (Nepali:. श्रृंखला , shrinkhalā), Dhaulagiri Himal (Nepali: हिमाल) atau The Dhaulagiris. Massif ini membentang 120 km dari barat ke Sungai Kaligandaki Bheri tersebut. Dhaulagiri Saya adalah puncak tinggi timur. Dhaulagiri Saya juga titik tertinggi dari Gandaki DAS.
Annapurna I (8.091 m/26, 545 ft) hanya 34 km. timur dari Dhaulagiri I. Sungai Kaligandaki mengalir melalui jurang antara yang terkenal, dikatakan terdalam di dunia. The Pokhara kota selatan Annapurnas, pusat regional yang penting dan pintu gerbang bagi pendaki dan trekker mengunjungi kedua kisaran serta tujuan wisata dalam dirinya sendiri.

8. Gunung Manaslu ( 8.163 m ), Nepal

Manaslu1 300x168 Gunung Tertinggi Di dunia

Manaslu (Nepali: मनास्लु), juga dikenal sebagai Kutang) adalah gunung tertinggi kedelapan di dunia, dan terletak di Himal Mansiri, bagian dari pegunungan Himalaya Nepal, di bagian barat-tengah Nepal. Namanya, yang berarti “Gunung Roh”, berasal dari kata Sansekerta Manasa, yang berarti “kecerdasan” atau “jiwa”. Manaslu pertama kali naik pada tanggal 9 Mei 1956 oleh Toshio Imanishi dan Gyalzen Norbu, anggota ekspedisi Jepang. Dikatakan bahwa “seperti halnya Inggris mempertimbangkan Everest gunung mereka, Manaslu selalu menjadi gunung Jepang”. Manaslu pada 8156 meter (26.759 kaki) di atas permukaan laut (MSL) adalah puncak tertinggi di Kabupaten Lamjung dan terletak sekitar empat puluh mil sebelah timur dari Annapurna. Pegunungan panjang gunung dan lembah gletser menawarkan pendekatan layak dari segala arah, dan berujung pada puncak yang menjulang tajam di atas lanskap sekitarnya, dan merupakan fitur yang dominan bila dilihat dari jauh. Wilayah Manaslu menawarkan berbagai trekking pilihan. The Manaslu populer rute trekking yang 177 kilometer (110 mil), rok massif Manaslu atas lulus ke Annapurna. Pemerintah Nepal hanya diizinkan trekking yang dari sirkuit ini pada tahun 1991. Jejak trekking yang mengikuti rute garam-perdagangan kuno di sepanjang sungai Gandaki Budhi. Enroute, 10 puncak lebih dari 6.500 meter (21.300 kaki) yang terlihat, termasuk beberapa lebih dari 7.000 meter (23.000 kaki). Titik tertinggi yang dicapai sepanjang rute perjalanan adalah La Larkya di ketinggian 5.235 meter (17.175 kaki). Pada Mei 2008, gunung telah naik 297 kali dengan 53 kematian. Nepal Manaslu adalah gunung tertinggi ke-8 di dunia, terletak di Mansiri Himal, bagian dari pegunungan Himalaya, Nepal. Kata Manaslu berasal dari kata bahasa Sanskerta , Manasa dan diterjemahkan sebagai “Gunung Jiwa”. Manaslu adalah puncak tertinggi di Gurkha dan terletak sekitar empat puluh mil sebelah timur Annapurna, gunung tertinggi ke-10.

9. Gunung Nanga Parbat ( 8.126 m ), Pakistan

Nanga Parbat 300x197 Gunung Tertinggi Di dunia

Nanga Parbat (harfiah, Naked Mountain), Urdu: نانگا پربت [nəŋɡa ː pərbət̪]) adalah gunung tertinggi kesembilan di dunia dan jangkar barat Himalaya. Terletak di Gilgit-Baltistan wilayah Pakistan, Nanga Parbat adalah salah satu dari delapan thousanders, dengan ketinggian puncak 8,126 meter (26.660 kaki). Puncak, besar dramatis naik jauh di atas daerah sekitarnya, Nanga Parbat tidak hanya terbukti sulit untuk memanjat, tetapi juga memiliki kejadian penting dari tragedi yang berhubungan dengan pendakian nya.

10. Gunung Annapurna ( 8.091m ) – Nepal

Annapurna 300x213 Gunung Tertinggi Di dunia

Annapurna (Sansekerta, Nepal, Nepal Bhasa yang ditulis: अन्नपूर्णा) adalah bagian dari pegunungan Himalaya di utara-tengah Nepal yang mencakup 8.091 m (26.545 ft) Annapurna I, puncak tambahan tiga belas lebih dari 7.000 m (22.970 ft) dan 16 lebih lebih dari 6.000 m (19.690 ft) [3]. bagian ini adalah km panjang 55 (34 mil-panjang) massif. Annapurna I kesepuluh di antara empat belas Bumi delapan-thousanders. Ini meningkat timur Gorge Gandaki Kali memisahkannya dari Dhaulagiri massif. 8.167 meter yang Dhaulagiri I adalah 34 km ke barat dan jurang antara dianggap terdalam Bumi. Itulah 10 daftar gunung tertinggi di dunia yang semuanya berasal dari pegunungan Himalaya.dan masih ada empat gunung lagi yang dengan ketinggian di atas 8000 m,dan semuanya masih dari Himalaya. yaitu :

Itulah 10 gunung tertinggi di dunia dan masih banyak lagi gunung tinggi seperti

Gasherbrum I (8.068 m)
Puncak Broad (8.047 m)
Gasherbrum II (8.035 m)
Shishapangma (8.027 m)
Kolorado (8.027 km)

Related Posts to "Gunung Tertinggi Di dunia"

Response on "Gunung Tertinggi Di dunia"