Saturday, 19 April 2014

Contoh Proposal Usaha

Contoh Proposal Usaha – Dalam membuat usaha tidak sembarang membuat usaha, harus di pikirkan segala aspek sehingga usaha itu berdiri. Proposal Usaha kenapa jadi penting karena dengan prososal usaha bentuk usaha yang kita bangung jadi jelas dan terperinci dan aspek terkecilpun kita bisa mengerti. Tetapi pembuatan proposal usaha tidaklah gampang, karena kita harus melakukan survei dan penelitian dari segala segi sehingga bisa terperinci dari banyak faktor. Tempat yang strategis sangat membantu untuk membuat usaha.

Contoh Proposal Usaha Cuci Mobil dan Motor ” Mengkilat “

A. PENDAHULUAN

1. Latar Belakang

Sekarang setiap tahun peningkatan kendaraan semakin naik tetapi jalan tetap sehingga banyak membuat kemacetan sepanjang jalan. Kota kota besar di indonesia semakin ruwet dengan kondisi kendaraan roda dua dan roda empat. Tidak seperti di luar negeri ada pembatasan kendaraan sehingga jumlah kendaraan bisa di tekan. Banyak orang bilang Indonesia mengalami masalah ekonomi tetapi setiap orang sekarang bisa membeli kendaraan roda dua. Bisa di lihat di setiap rumah di desa maupun di kota, pasti memiliki minimal kendaraan roda dua. Dengan kenaikan harga minya dunia pun tidak berpengaruh orang untuk membeli kendaraan bermotor. Sistem kredit itu membuat orang jadi mungkin mendapatkannya. Dahulu kemana mana menggunakan angkutan kota atau angkutan desa, sekarang setiap orang memiliki motor. Jadi kendaraan bermotor sekarang bukan kebutuhan pokok bukan kebutuhan sekunder lagi.

Dengan adanya kondisi diatas itu membuat peluang bisnis yang berkaitan dengan kendaraan bermotor terbuka lebar dan menjanjikan.

Untuk memanfaatkan peluang ini, kita mencoba untuk mendirikan sebuah usaha cuci Mobil dan motor dengan nama ” Mengkilat “

2. Tujuan

Tujuan dari usaha ini adalah:

1. Dapat melakukan usaha cuci dengan baik dan memberikan manfaat yang besar.
2. Dapat memasarkan usaha cuci ini dengan baik.
3. Dapat menjaga kelangsungan usaha dan mengembangkannya.

B. ASPEK PASAR DAN PEMASARAN

1. Pemasaran

Pangsa pasar ini sangatlah jelas yakni para pengguna mobil dan motor , tapi untuk promosi bulan pertama akan memberikan potongan harga dan kupon cuci gratis dan menargetkan sekitar 50 motor dan 30 mobil  dalam minggu pertama dan lebih dari 70 motor dan 50 mobil pada minggu-minggu berikutnya.

2. Produk

Sebagai ilustrasi, harga cuci mobil Rp 20.000,-.dan cuci motor Rp 5.000 Kita bisa menambahkan semir ban sebagai nilai tambah tanpa biaya tambahan.

3. Strategi Pemasaran

Melakukan pemasaran secara langsung dengan pamflet, maupun hanya dari mulut ke mulut.

4. Prospek Pasar Dan Pemasarannya

Seluruh komplek di perumahan dan orang lewat

5. Keunggulan

Yang menjadikan cuci mobil dan motor ini menjadi spesial ialah semua motor apapun dicuci dengan bersih menggunakan salju dan pencuci dengan telaten membersihkan semua kotoran yang ada dalam mobil dan motor anda, dengan hasil cucian menjadi mengkilat walaupun dengan waktu yang sedikit lama. Cuci motor mobil ini ini beda dengan tempat pencucian lainnya, karena ada :

- Mini market atau mini kafe.
- Fasilitas kupon bonus untuk konsumen yang sering menggunakan
- Memberikan Cuci Gratis bagi pelanggan bila sudah 10 kali mencuci di sini

C. ASPEK SDM

Untuk pegawai, tidaklah terlau sulit mencarinya karena tidak diperlukan keahlian khusus. Tetapi meskipun demikian, harus kita memilih karyawan yang mau bekerja keras dan tidak malas. Sebagai imbalan, bisa kita memberikan gaji, atau upah per mobil dan yang selesai dicuci.

D. ASPEK PERALATAN DAN PERLENGKAPAN

1. Letak Lokasi
Berada di dekat tempat pemukiman penduduk, didepan komplek

perumahan, berada dipinggir jalan utama.

2. Standar Kebutuhan Ruang

Luas ruang: (lebar) 40m x (panjang) 70m

3. Asumsi kebutuhan ruang:

- Tempat pencucian
- Tempat pengeringan
- Ruang tunggu

Peralatan-peralatan salon motor yang harus disediakan adalah sebagai berikut :

1. Satu kompresor
2. Satu mesin air untuk steam
3. Satu mesin steam system snow wash (busa salju)
4. Vacuum cleaner
5. Bak penampungan air
6. Seragam karyawan
7. Media promosi
8. Instalasi ruangan
9. Peralatan mencuci :

- Sikat
- Kanebo
- Kuas kecil & besar
- Kain bol
- sabun Busa
- Salju
- Peralatan pembersih yang lain

Semoga contoh proposal usaha diatas bisa memberikan anda gambaran untuk membuat usaha yang akan disampaikan kepada investor atau penanam modal. Dengan keterangan yang jelas dan terperinci akan membuat proposal anda diterima. Atau mungkin anda bisa menggunakan untuk diri sendiri sehingga apa yang harus di butuhkan sudah jelas, tinggal mewujudkan usahanya. Selamat mencoba semoga berhasil

Related Posts to "Contoh Proposal Usaha"

Response on "Contoh Proposal Usaha"