Friday, 01 August 2014

Contoh Paragraf Induktif

Contoh Paragraf Induktif - Paragraf induktif adalah paragraf yang memiliki gagasa utama, atau inti pokok permasalahannya terletak pada akhir paragraph. atau disebut juga paragraf pengembangan khusus – umum. Berikut  ini Contoh Paragraf Induktif.

Contoh 1.

Sejak suaminya meninggal dunia tiga tahun yang lalu, Ny. Hadi sering sakit. Setiap bulan ia pergi ke dokter memeriksa sakitnya. Harta peninggalan suaminya semakin menipis untuk membeli obat dan biaya pemeriksaan, serta untuk biaya hidup sehari-hari bersama tiga orang anaknya yang masih sekolah. Anak yang tetua dan adiknya masih kuliah di sebuah perguruan tinggi swasta, sedangkan yang nomor tiga masih duduk di bangku SMA. Sungguh berat beban hidupnya.

 

Gagasan utama paragraf tersebut terdapat diakhir paragraf (Induktif), yaitu Sungguh berat beban hidupnya.

_____________________________________________________________

Contoh 2.

Keberhasilan para peneliti ITB ini membuat Indonesia merupakan satu-satunya negara yang berhasil mengucurkan minyak jarak alami tanpa campuran solar apapun untuk menggerakkan mesin diesel. Sementara di negara lain, minyak jarak digunakan sebagai campuran solar untuk mengurangi bahan bakar fosil ini. Oleh karena itu, keberhasilan para peneliti di ITB patut mendapat acungan jempol.

 

Gagasan utama paragraf tersebut terdapat diakhir paragraf (Induktif), yaitu keberhasilan para peneliti di ITB patut mendapat acungan jempol.

 ———————————————————————————————–

Contoh 3.

Pada era persaingan dunia kerja yang semakin kompetitif seperti saat ini. Seseorang yang menguasai Bahasa Inggris otomatis akan memiliki peluang yang lebih besar di dunia kerja. Sebaliknya, orang yang tidak memiliki kemampuan Bahasa Inggris peluangnya akan semakin kecil untuk memasuki dunia kerja khususnya untuk dapat diterima sebagai karyawan. Itulah kenapa penguasaan Bahasa Inggris sangat diperlukan untuk menambah kompetensi di dunia kerja.

Gagasan utama paragraph tersebut terdapat pada akhir paragraph (induktif), yaitu Itulah kenapa peruasaan Bahasa Inggris sangat diperlukan untuk menambah kompetensi di dunia kerja

———————————————————————————————–

Contoh 4.

Di sebagian besar daerah pedesaan secara menyebar didirikan tempat pendidikan yang berupa sekolah dasar. Meningkat, di kota kecamatan, pemerintah mengusahakan berdirinya sekolah menengah tingkat pertama atau bahkan sebagian berdiri pula sekolah menengah atas. Pada tingkat kabupaten, terutama kabupaten yang sudah maju, bermunculan perguruan tinggi, baik swasta maupun negeri. Selain tempat pendidikan formal yang sudah disebutkan itu, menjamur pula tempat pendidikan nonformal, misalnya: tempat pelatihan komputer, kursus menyablon, kursus memasak, potong rambut, bengkel mobil, pertanian, dan kerajinan. Jadi, anak sekarang seharusnya tidak mengalami kesulitan lagi memilih tempat pendidikan di negeri ini. Anak tinggal menentukan tempat berpendidikan dengan menyesuaikan kesenangan dan kemampuannya.

Gagasan utama paragraph tersebut terdapat pada akhir paragraph (induktif), yaitu Anak tinggal menentukan tempat berpendidikan dengan menyesuaikan kesenangan dan kemampuannya.

 

Untuk teman teman yang sedang belajar harus tahu tentang paragraf induktif yang sudah dijelas kan diatas. Karena di mata pelajaran Bahasa Indonesia nanti akan diajari tentang hal diatas. Sebelum diberikan materi oleh ibu atau bapak guru kamu sudah mengerti sehingga langsung paham

Related Posts to "Contoh Paragraf Induktif"

Response on "Contoh Paragraf Induktif"