Thursday, 24 July 2014

Cara Melatih Otak Kiri

Cara Melatih Otak Kiri – Manusia memiliki otak yang berfungsi untuk berfikir dan mengontrol hidup anda. Otak memiliki berat 1.5 Kg yang merupakan super komputer yang sangat pandai bila terus diasah. Didalam otak memiliki 2 bagian, yaitu otak kanan dan otak kiri.

Disini kita akan membicarakan tentang otak kiri, karena otak kanan dan kiri memiliki fungsi yang berbeda dalam berfikir, pada umumnya otak kiri berhubungan dengan bicara, penalaran, menulis, angka, logika.

cara melatih otak kiri Cara Melatih Otak Kiri

Untuk mengefektifkan otak kiri diperlukan latihan agar otak kiri terus lebih tajam dan pandai. Daya ingat otak kiri bersifat jangka pendek (short term memory), Bila terjadi kerusakan pada otak kiri maka akan terjadi gangguan dalam hal fungsi berbicara, berbahasa dan matematika.

Cara Melatih Otak Kiri supaya lebih pandai bisa dilakukan seperti berikut ini

1. Belajar Menghitung Tanpa Kalkulator

Sekarang berbeda dengan jaman dahulu karena sudah dimanjakan peralatan yang memudahkan orang untuk berhitung, dengan adanya kalkulator akan mudah tanpa harus berfikir keras, tetapi itu membuat otak kita tidak bisa berkembang, usahakan jangan menggunakan kalkulator, ajarin pada anak anda untuk menghitung dengan cara manual.

2. Belajar berita atau artikel yang sering di lewatkan

Ketika anda membaca koran atau surat kabar biasanya artikel tentang ekonomi atau politiks pasti akan di lewati, anda cenderung membaca berita bola, artis, kriminal dll. Mulai sekarang bacalah semua artikel yang anda lewatkan tersebut, karena bisa menambah wawasan dan bisa menganalisa, berfikir secara logis, sehingga otak kiri anda bekerja.

3. Koleksi kosakata baru

Jaman modern sekarang ini bahasa inggris merupakan hal yang harus kita ketahui, semua produk juga menggunakan bahasa inggris. Jangan merasa malu untuk membuat kamus untuk mengetahui kata kata yang anda tidak mengerti tersebut, dengan mengoleksi kosakata baru bisa membuat kinerja otak anda dan kuat dalam berfikir

4. Mengisi teka teki silang

Salah satu cara mudah untuk melatih otak kiri adalah dengan mengisi teka teki silang, cukup 1000 rupiah anda bisa memperbanyak perbendaraan kata dan bisa berfikir untuk mengolah angka yang ada di teka teki tersebut. Isi otak anda dengan pengetahuan yang luas jangan biarkan menggangur dan membuat anda bodoh

5. Bermain puzzle atau catur

Permainan catur dan puzzle sering kita jumpai disekitar kita, tetapi banyak orang tidak bisa bermain catur karena terlalu rumit untuk berfikir.  Puzzle merupakan permain yang sederhana tetapi bisa membuat otak kiri anda berfikir secara kreatif.

Melatih otak kiri sebaiknya dilakukan pada waktu masa kecil, untuk itu berikan pelajaran kepada anak anda untuk melatih otak kirinya sehingga membuat dia lebih pandai dan berfikir secara logis. Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi kita semua. Cara Melatih Otak Kiri

Related Posts to "Cara Melatih Otak Kiri"

Response on "Cara Melatih Otak Kiri"