Thursday, 17 April 2014

Alat Musik Tradisional Korea

Alat Musik Tradisional Korea – Setelah sebelumnya Kopihijau memberikan informasi tentang alat musik Tradisional Indonesia sekarang mencoba untuk mengenal dunia luar. Pada kesempatan ini mari kita pelajari Alat Musik Tradisional Korea. Korea sedang mengembangkan sayapnya ke dunia dengan musik, film nya yang bagus dan segala aspek yang membikin korea bisa lebih di kenal oleh dunia luar

Masalah musik tradisional korea kita pasti dibuat penasaran, ketika melihat film korea yang memiliki setting perang atau jaman lampau pasti akan disajikan pertunjukan musik dan musik tersebut apakah masih ada atau hanya cuma didalam film saja.

Korea memiliki budaya yang unik, untuk itu mari kita mengenal alat musik apa yang menjadi adalan di Negara gingseng tersebut. Alat musik yang sering dimainkan selama ini adalah gayageum, daegeum, haegeum dan geomungo.

Alat musik asli Korea diciptakan sejak periode sebelum Tiga Kerajaan Korea sampai periode Silla Bersatu (668-935). Pada masa Tiga Kerajaan (57 SM – 668), banyak alat musik baru diperkenalkan dari Asia Tengah. Alat musik Cina dari periode Dinasti Tang diperkenalkan di akhir periode Silla Bersatu dan dari Dinasti Song pada masa Dinasti Goryeo (918-1392).

Karena kebudayaan korea juga di pengaruhi oleh kebudayaan china maka alat musik di bedakan 2 macam yaitu dari hang yang asli korea dan tang bawaan dari china. Berikut ini semua jenis alat musik tradisional dari korea yang di kutip dari wikipedia

1. Alat Musik Petik

Hyang

Gayageum : Alat musik ini berupa kecapi yang diciptakan pada masa kerajaan Gaya pada abat ke 16 , alat musik ini memiliki 12 senar dan bisa menghasilkan 2 jenis musik yaitu sanjo dan jeongak , fungsi dari sanjo adalah untuk pementasan solo sedangkan joengak untuk acara orkestra atau banyak orang.

Gayageum 300x193 Alat Musik Tradisional KoreaGeomungo : Merupakan alat musik kecapi yang di ciptakan pada masa kerajaan goguryoe dengan 6 buat senar yang terdapat pada alat musik ini, biasanya geomungo dimainkan pada dua pementasan yaitu sanjo geomungo ( pementasan solo ) dan Jeongak geomungo ( Pementasan bersama.orkestra)

Geomungo 300x300 Alat Musik Tradisional Korea

Haegeum : Merupakan alat musik yang sejenis rebab yang berasal dari china dengan memiliki 2 senar

 

 Alat Musik Tradisional Korea

Ajaeng : Kecapi gesek bersenar 7 yang awalnya berasal dari china . Ajaeng memiliki 3 jenis model yaitu  jeongak ajaeng, sanjo ajaeng, dan daejaeng.

 

 Alat Musik Tradisional Korea

Selain alat musik petik diatas ada beberapa alat musik yang biasanya di buat pementasan dalam istana

Geum : Alat musik kecapi dengan memiliki 7 senar untuk acara dalam istana

Seul : Alat musik kecapi dengan memiliki 25 senar dan sekarang sudah tidak dimainkan lagi

Pengaruh dari barat membuat korea juga memiliki alat musik petik yang berasal dari china pada abat 18 yaitu Yanggeum 

2. Alat Musik Tiup

Hyang

Daegeum : Alat musik seruling yang tercipta pada zaman silla bersatu 

Daegeum Alat Musik Tradisional Korea

Alat musik tiup yang lain yang biasa digunakan seperti

  • Sogeum adalah suling bambu kecil.
  • Hyangpiri adalah suling yang memiliki 7 lobang dan biasa dimainkan pada pementasan musik orkestra dan solo.
  • Chojeok adalah suling kecil.

 

Tang

Tangpiri : Alat musik tiup seperti seruling yang paling pendek berasal dari china

Tungso : Alat musik tiup paling panjang di korea

Taepyeongso : Alat musik tiup yang ada tambahan kerucut berasal dari asia tengah dan sangat penting fungsinya pada permainan pungmul.

tungso 300x161 Alat Musik Tradisional Korea

 

Alat Musik Tiup Istana

 

  • Saenghwang atau saeng adalah organ mulut yang memiliki 17 pipa.

saenghwang Alat Musik Tradisional Korea

  • U adalah jenis organ mulut besar yang memiliki 36 buah pipa.
  • Hwa adalah jenis organ mulut kecil yang memiliki 13 buah pipa.
  • So adalah jenis pipa (panpipe) yang jenisnya terbagi atas so yang berpipa 12, 16 dan 24. Hanya so berpipa 16 yang masih dimainkan saat ini, terutama pada pementasan musik istana.
  • Hun adalah jenis suling bulat dari tanah liat dan memiliki 7 buah lobang. Hun hanya dimainkan dalam pementasan musik upacara di kuil Munmyo.
  • Ji adalah suling yang memiliki 5 lobang yang berjumlah 4 buah di depan dan 1 lobang di belakang
  • Yak adalah Alat musik ini memiliki 3 buah lubang dan dimainkan secara vertikal.
  • Jeok adalah Alat musik seperti seruling yang memiliki  6 buah lubang.

3. Alat Musik Perkusi

Hyang

  • Jing adalah Alat musik yang berupa gong dengan ukuran yang besar dan terbuat dari kuningan, biasanya alat musik ini dipakai untuk acara militer, pertanian ( pungmul ) dan acara keagamaan

jing1 290x300 Alat Musik Tradisional Korea

  • Kkwaenggwari adalah Alat musik yang berupa gong kecil yang disebut juga gong tangan. Kkwaenggwari memiliki suara yang tinggi dan banyak digunakan dalam permainan musik petani dan musik ritual Shamanisme.jing 229x300 Alat Musik Tradisional Korea
  • Pungmulbuk adalah genderang yang dimainkan dalam permainan musik petani.

Pungmulbuk 296x300 Alat Musik Tradisional Korea

  • Soribuk adalah genderang yang dimainkan sebagai pengiring nyanyian. Soribuk adalah versi modifikasi dari pungmulbuk.

 

  • Pungmul Janggo adalah jenis genderang berbentuk jam pasir.Badan pungmul janggo terbuat dari kayu dan dilapisi kulit binatang pada kedua ujungnya. Alat musik ini banyak digunakan dalam pementasan musik petani dan sebagai pengiring nyanyian tradisional.

janggu 300x265 Alat Musik Tradisional Korea

Tang

 

  • Bak adalah alat musik yang terdiri dari rangkaian 6 potongan kayu tipis.Alat musik ini hanya dimainkan dalam pementasan musik ritual dan musik istana.

bak Alat Musik Tradisional Korea

  • Janggu atau janggo adalah genderang yang berbentuk jam pasir yang serupa dengan pungmul janggo

janggu1 Alat Musik Tradisional Korea

Alat Musik Istana

  • Pyeonjong adalah lonceng perunggu yang terdiri dari 16 buah yang digantung menjadi 2 baris.[8] Alat musik ini diperkenalkan dari Song.

Pyeonjong Alat Musik Tradisional Korea

  • Teukjeong adalah lonceng yang serupa dengan pyeonjong namun hanya terdiri dari satu lonceng saja.

 

  • Pyeongyeong adalah potongan batu yang berbentuk L, yang dimainkan dengan cara dipukulkan. Batu musik ini diperkenalkan dari Cina dan dimainkan dalam pementasan musik istana.

Pyeongyeong 300x206 Alat Musik Tradisional Korea

  • Teukgyeong adalah batu yang serupa dengan pyeongyeong, namun hanya terdiri dari satu batu saja.
  • Chuk adalah kotak kayu persegi yang dimainkan dalam pementasan musik upacara di kuil Munmyo dan Jongmyo.
  • Eo adalah alat musik yang berbentuk replika macan yang dimainkan dengan cara digesekkan.Alat musik ini hanya dimainkan dalam pementasan musik upacara di kuil Munmyo dan Jongmyo.

Itulah alat musik tradisioal korea yang bisa kita ketahui, dengan demikian kita bisa mengerti budaya tradisional negara korea yang memiliki keunikan tersendiri. Jangan sampai kalah dengan negara korea yang melestarikan semua alat musik tradisional walaupun awalnya berasal dari china dan dunia barat tetapi sekarang sudah menjadi milik negaranya. Kita sebagai generasi muda harus terus menjaga kelestarian budaya kita

 

Related Posts to "Alat Musik Tradisional Korea"

Response on "Alat Musik Tradisional Korea"